Home / TENTANG #BERSIHKANINDONESIA

TENTANG #BERSIHKANINDONESIA

Para tersangka korupsi sumber daya alam (SDA) tersebut terlibat dalam berbagai kasus di sektor perkebunan, kehutanan, dan pertambangan. Berkaca dari fenomena ini, Indonesia perlu memberantas korupsi demi meningkatkan produktivitas nasional.

#BersihkanIndonesia adalah gabungan organisasi masyarakat sipil yang bertujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk aktif mendorong perubahan kebijakan energi, ekonomi dan lingkungan. Sebagai bentuk nyata, gerakan #BersihkanIndonesia menantang pasangan calon Presiden dan wakil Presiden untuk mengumumkan rencana konkrit menuju “Indonesia Berdaulat Energi”.

Masalah Kunci Terkait Energi

“Energi dan listrik di Indonesia
sangat bergantung pada bahan bakar fosil.”

Kondisi tersebut disebabkan oleh akuntabilitas yang buruk, penegakan hukum yang lemah, dan sistem ekonomi yang oligarkis. Sepanjang 2017, Indonesia membakar 97 juta ton batu bara yang sebagian besar dikonsumsi untuk kebutuhan PLTU batu bara. Angka ini diprediksi terus meningkat hingga 125 juta ton pada 2025, seiring dengan pembangunan PLTU baru. Semakin berkurangnya bahan bakar fosil membuat tantangan ketahanan energi di Indonesia semakin tinggi. Apalagi, Indonesia sudah menjadi importir bersih untuk sumber daya minyak dan gas.

Dampak Buruk Energi Fosil

Kesehatan
Pembakaran batu bara berpengaruh terhadap risiko memburuknya kesehatan publik. PLTU batu bara diperkirakan telah menyebabkan 6.500 kematian dini setiap tahunnya. Dengan adanya rencana pembangunan PLTU batu bara baru, angka kematian ini bisa meningkat mencapai 28.300 orang setiap tahunnya.

Lingkungan Hidup
Tambang batu bara telah meninggalkan ribuan lubang yang dibiarkan tanpa pemulihan sehingga mencemari sumber air dengan logam berat. Begitu juga dengan PLTU batu bara yang menghasilkan limbah beracun yang berbahaya bagi lingkungan, serta memperparah perubahan iklim.

Ketahanan Pangan
Konsesi pertambangan batu bara mengancam seperlima tanah produktif yang berpotensi mendukung agenda ketahanan pangan Indonesia. Hilangnya air karena lubang tambang yang tidak dipulihkan menurunkan produktivitas lahan dan ikan. Penurunan produksi beras diperkirakan dapat mencapai 6 juta ton jika seluruh konsesi tambang batu bara dieksploitasi.

Ekonomi Negara
Biaya sosial dari emisi gas rumah kaca (GRK) PLTU batu bara dua kali lipat lebih tinggi dari ongkos energi terbarukan. Jika rencana pembangunan pembangkit tetap didominasi oleh PLTU batu bara dan bahan bakar fosil lainnya, maka pada 2021, PLN akan membutuhkan tambahan 46% subsidi atau tarif listrik harus meningkat drastis.

Solusi Kedaulatan Energi

“Untuk mencapai kedaulatan energi,
Indonesia butuh menggunakan energi terbarukan.”

Perkembangan teknologi untuk energi terbarukan dan sistem penyimpanan energi di dunia telah menurunkan biaya produksi listrik secara drastis sehingga pembangkit listrik tenaga terbarukan lebih ekonomis daripada pembangkit listrik tenaga fosil, bahkan PLTU batu bara. Mengacu pada negara-negara seperti India, Meksiko, dan Tiongkok, kebijakan pemerintah dalam mendukung energi terbarukan menyebabkan harga pembangkit listrik tenaga surya dan angin lebih murah daripada PLTU batu bara. Jika transisi energi segera dilakukan, maka Indonesia dapat menghemat energi sebanyak 17,3 hingga 53,4 miliar USD per tahun pada 2030.


Pendukung Gerakan #BersihkanIndonesia